Tetang Prodi Pendidikan Matematika

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo merupakan program studi yang telah berpengalaman dalam bidang pendidikan matematika selama puluhan tahun. Program studi ini telah melahirkan banyak aktivis sukses dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika khususnya di daerah Ponorogo. Prodi yang berdiri pada 19 November 1986 dibawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini telah terakreditasi “B” oleh BAN-PT sesuai dengan SK BAN-PT Nomor: 0734/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017

Gelar Lulusan

Setelah lulus dari Program Studi Pendidikan Matematika, mahasiswa akan mendapat gelar S.Pd. Program karir yang terbuka di Program Studi Pendidikan Matematika yang utama ialah Guru Profesional yang mempunyai Pedagogical Content Knowledge (PCK), Pedagogical Knowledge (PK), Content Knowledge (CK)

KOMPETENSI LULUSAN

  1. Menguasai hakikat dan nilai –nilai ke Tuhan an , ke Islaman, kemanusiaan, prinsip bermuamalah dan KeMuhammadiyahan
  2. Menguasai konsep, struktur, materi dan pola pikir keilmuan matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah serta studi ke jenjang berikutnya dengan memanfaatkan komputasi pendukungnya
  3. Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik matematik untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik matematika dengan memanfaatkan komputasi pendukungnya.
  4. Menguasai konsep dan prinsip penelitian untuk mendukung  tugas profesionalnya sebagai  asisten peneliti bidang pendidikan matematika.
  5. Menguasai konsep pengembangan media, alat peraga, dan bahan ajar pembelajaran matematika

PROSPEK LULUSAN

Prospek lulusan Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo diantaranya adalah:

  1. Akademisi (Baik sebagai Guru/Dosen PNS dan Swasta Pengajar Matematika Jenjang Sekolah Menengah)
  2. Asisten Peneliti Bidang Pendidikan Matematika
  3. Pengembang Media, Alat Peraga dan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Matematika
  4. Pengelola Bimbingan Belajar
  5. Kepala Sekolah
  6. Pengawas Sekolah
  7. Analisis Kurikulum
  8. Ahli Statistika
  9. Financial Planner
  10. Analisis Biaya