D’MOP 2020

DELTA MATHEMATIC PROBLEM SOLVING OLYMPIAD ( D’MOP 2020 )

Memecahkan masalah merupakan pekerjaan rutin manusia, sebab dalam kehidupan sehari-hari manusia sering dihadapkan  dengan berbagai masalah. Walaupun orang selalu berusaha untuk menyelesaikan masalah, namun kenyataannya tidak semua dapat diselesaikan. Demikian halnya dengan siswa belajar matematika. Siswa sering dihadapkan dengan masalah dalam menyelesaikan soal-soal latihan maupun soal ujian. Munculnya masalah tersebut dikarenakan peserta didik paham akan tujuan mereka tetapi tidak tahu bagaimana cara mencapainya, karena yang mereka pahami hanyalah bagimana cara menghitung bukanlah konsep dari materi tersebut.

Problem solving dalam Bahasa Indonesia artinya adalah pemecahan masalah. Lebih luas lagi pengertian Problem Solving yaitu memecahkan suatu masalah yang menghasilkan suatu solusi atas permasalahan yang dihadapi dengan terlebih dahulu mengidentifikasi permasalahan berdasarkan data dan informasi yang akurat melalui suatu proses intelektual dan professional. maka diperlukan problem solver untuk memecahkan masalah yang ada.

Peran generasi muda sebagai problem solver sangat diperlukan. Pembiasaan dalam berpikir  menyelesaikan segala permasalahan harus diwujudkan sejak sedini mungkin. Kemampuan berpikir dipandang sebagai kemampuan seseorang dalam menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan nalarnya. Kemampuan berpikir dalam matematika lebih ditekankan pada prosesnya, yakni proses berpikir dasar, kritis, serta berpikir kreatif. Oleh karena itu, kemampuan berpikir dalam matematika lebih tepat diistilahkan sebagai kemampuan berpikir dasar, kemampuan berpikir kritis, serta kemampuan berpikir kreatif.

 Langkah awal pengembangan pola pikir dan daya nalar tersebut dapat berupa sebuah lomba atau olimpiade. Lomba atau olimpiade problem solving matematika merupakan salah satu wadah yang tepat untuk memicu berkembangnya pola pikir dan daya nalar yang menjadi pengukur tingkat kepemahaman dan kemampuan berpikir generasi muda dalam memecahkan masalah.

Delta Mathematic Problem Solving Olympiad (D’MOP) merupakan Olimpiade Matematika yang digelar rutin setiap tahunnya oleh HMPS Pendidikan Matematika DELTA. Tahun ini merupakan tahun ke- 6 dilaksanakannya Delta Mathematic Problem Solving Olympiad (D’MOP) Se- Eks Karisidenan Madiun untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/sederajat dengan mengambil tema “Mengembangkan Pola Pikir Kritis dan Logis Menuju Generasi Yang Unggul Dengan Matematika”. Terdapat 6 kategori perlombaan pada D’MOP 2020 yaitu Grade A (SD kelas 1 & 2), Grade B (SD kelas 3 & 4), Grade C (SD kelas 5 & 6), SMP Individu, SMA Individu dan SMA Kelompok. Babak penyisihan D’MOP 2020 dilaksanakan di 3 rayon yaitu Rayon Ponorogo bertempat di Universitas Muhammadiyah, Rayon Magetan bertempat di SMPN 1 Magetan dan Rayon Madiun bertempat di SMAN 1 Madiun pada hari Ahad tanggal 01 Maret 2020 yang diikuti 694 peserta. Sementara untuk babak final dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada hari Ahad tanggal 08 Maret 2020. Berikut pemenang juara D’MOP 2020 :

Grade A :

  1. FARIS ALDI NUGROHO (SDN Pager)
  2. ANINDITA NAYARA ABADI (SDMT Ponorogo)
  3. MUHAMMAD RAIHAN PRIANDONO (SDIT AL-USWAH)
  4. BETHARY MEDYTERANEEA (SDN 01 KLEGEN)
  5. ANDY ELANG SASONGKOJATI (SDIT AL-USWAH)

Grade B :

  1. QUEEN KEY RATRI AZ ZAFURI (SD Ma’arif Ponorogo)
  2. QONITAH HAFAZHAH RAMEYZA ELYA (SDIT AL-USWAH)
  3. DAMAI TRIANNIDA (SD Muhammadiyah Ponorogo)
  4. FAKHRI SETYO WIBOWO (SD Muhammadiyah Ponorogo)
  5. MUHAMMAD FAHRIZAL HAFIDS (SD Muhammadiyah 1 Magetan)

Grade C :

  1. M. FARREL RIZQULLAH (SD Muhammadiyah Po)
  2. FARADILA AYU SEPTIA RAMADINA (SDN 2 MARON)
  3. MUHAMAD RIZKI RAMADANI (SDN DOLOPO 03)
  4. THEA CAROLINE (SD SANTA MARIA)
  5. FADHIL CHIVO ADRIANSYAH (SDN NGARIBOYO 4)

SMP Individu

  1. ARYA BAGUS FITRIYANTO NUGROHO (SMPN 2 PONOROGO)
  2. ROYAN HABIBI ALFATIH (SMP IIS PSM MAGETAN)
  3. MUHAMMAD DEO AINUL MUNIF (SMPN 1 PONOROGO)
  4. DANAR RIZKI WICAKSONO (SMPN 1 JETIS)
  5. ARETA GALUH WIEDA WIJAYA (SMPN 1 JETIS)

SMA Individu

  1. RISTA AFINA WIDYARKANTI (SMAN 1 PONOROGO)
  2. RIZKY AKBAR DIASTIANTO (SMAN 1 PONOROGO)
  3. MUHAMMAD WILDAN TAMAMI (SMAN 1 PONOROGO)
  4. ULFAD IKA YULIANA (SMAN 1 KAWEDANAN)
  5. HIRA FAWNIA (SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO)

SMA Kelompok

  1. SMAN 1 PONOROGO (Rista Afina Widyarkanti , Rizky Akbar Diastianto dan Muhammad Wildan Tamami)
  2. SMAN 1 MAGETAN (Zaki Fadhil Maulana Sutrisno, Nandhea Trias Puspita Devi dan Aulianissa Nasywa Aditya Kusuma)
  3. SMAN 2 PONOROGO (Muhammad Khoirul Mustofa, Johan Susetya Sri Panuntun, dan Baron Pranoto)
  4. MA WALI SONGO (Hesti Anindya Putri, Fatikhatul Khusna  dan Chamida Zahrotus Sa’adah)
  5. SMAN 1 BALONG (Wiji Utami, Pingky Nur Widia dan Wahyu Sofi Martalinda)

Galeri